Naaaahh man-teman beginilah tugas-tugas gue selama menjadi tim kreatif;
1. Membuat script
Setelah
syuting selesai, biasanya tim kreatif akan langsung brainstorming menyiapkan konten acara untuk keesokan harinya. Mulai
dari meriset bintang tamu yang akan diinterview, mencari materi untuk keperluan
gimmick, memastikan bintang tamu besok siap untuk hadir ke talkshow sesuai
dengan jadwal yang ditentukan, sampai deal budget kepada bagian talent
coordinator. Dalam script juga terdapat prompter yang akan dibaca oleh host
saat on air. Menyiapkan kata-kata
tersebut merupakan tugas tim kreatif dalam tahap pembuatan script.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrp6zCMOhyDokkL2E1ZMYmrnVuVXY3rqDhOoKEMaycGANcBvQTXXxb1c53rmpsvQdVQH7iDxBxaxCfAd7Ftx9jLAoB_ptI3vrEvRE6KNFdsEbrJp0bOIVPjhsf96nffeMyeJFZAXMbxdRd/s400/2016-06-10+05.00.37+1.jpg)
2. Membuat item gimmick
Dalam talkshow akan ada item
gimmick yang bertujuan untuk membuat
suasana tidak terlihat kaku dan membuat penonton juga bintang tamu lebih ceria .Tugas
tim kreatif adalah mencari materi untuk item gimmick tersebut. Item gimmick
disesuaikan dengan tema pembicaraan dan pembahasan bintang tamu. Seperti
contohnya, jika bintang tamu yang diundang sedang hamil otomatis akan memiliki
anak, maka dalam segmen pembahasan kehamilannya akan ada gimmick “Pertanyaan
Anak” seperti berikut:
·
Mama kenapa kucing itu bulunya banyak ? Tapi aku enggak?
·
Mama kenapa makan harus pakai sendok?
·
Mama kenapa kalau liat awan, awanya jalan terus ?
·
Mama kenapa ikan ga bisa hidup di darat?
·
Mama kenapa kita boleh minum susu sapi, kalau kita minum terus anak
sapinya
·
Mama kenapa kuku mama boleh diwarnain tapi kalau papa enggak ?
·
Mama kenapa matahari terbitnya dari timur?
Tidak hanya itu, gue
juga bertugas untuk mencari foto benda-benda yang susah untuk digambar dalam
waktu 60 detik apabila dalam segmen mengundang suatu grup band musik yang
terdiri dari 4 s/d 5 orang atau lebih dan memungkinkan untuk bermain “Tebak
Gambar Estafet”.
Selain
memperpanjang durasi, tujuan item gimmick ialah agar pemirsa yang menonton
merasa terhibur dan tidak bosan untuk menonton program ini.
3. Membuat script VO
Selain
bertanggung jawab membuat script untuk keperluan shooting live atau taping,
penulis juga bertugas untuk membuat script VO. Script ini dibuat apabila tidak
ada episode live yang tayang di hari itu. Hal ini terjadi ketika host sedang berhalangan sehingga tidak bisa syuting sesuai
jadwal yang mengakibatkan tidak adanya tayangan live yang disiarkan. Oleh sebab
itu tim kreatif bersama produser dan PA memutuskan untuk menayangkan siaran
ulang yang disebut “Re-package” yaitu gabungan dari beberapa episode yang
menarik untuk dijadikan 1 episode yang bertema khusus.
Script ini
dibuat dalam bentuk kata-kata ringan yang selanjutnya akan dibacakan oleh
dubber di booth take voice untuk
dimasukan ke dalam tayangan yang sudah di edit dan siap ditayangkan. Salah satu
script VO yang pernah gue buat ialah saat episode “Sarah Sechan Special
Jalan-Jalan”.
4. Membuat rundown program acara
Tugas utama
tim kreatif selain membuat script ialah membuat rundown program acara. Rundown
ialah susunan acara yang menjadi panduan untuk menghitung durasi per episode. Setiap
hari setelah script selesai dibuat, tugas tim kreatif selanjutnya ialah tahap
penyusunan rundown. Program sarah sechan terdiri dari 4 segmen, masing-masing
segmen berdurasi 10-13 menit. Tugas tim kreatif ialah membagi waktu tiap segmen
sesuai dengan kebutuhan pembahasan atau perform (jika bintang tamu seorang
penyanyi/musisi) untuk menjadikannya genap 1 jam tidak kurang tidak lebih.
Rundown sangatlah penting karena menjadi acuan seluruh crew pada saat on air.
Saat shooting di hari-H rundown wajib diperbanyak, difotokopi bolak-balik
sejumlah 15 rangkap dan dibagikan keseluruh crew
yang bertugas pada saat briefing tim sebelum on cam.
5. Membuat ENPS
Preparation dilakukan 2 jam sebelum on cam. Membuat ENPS adalah salah satu tugas tim kreatif dalam persiapan menuju on air. ENPS adalah Electronic News Production System yang merupakan teknologi aplikasi software penyediaan rundown. Setelah rundown excel dibuat sehari sebelumnya, pada hari-H tugas penulis adalah membuat rundown dalam system software yang terhubung langsung ke control room, yang disebut ENPS. Rundown ini lah yang menjadi acuan saat on air dan dikendalikan oleh PA leader pada hari itu.ENPS merupakan rundown yang dapat diedit dan ditambah kapan saja, jika sesaat sebelum syuting dimulai ada perubahan, maka secara otomatis ENPS pada komputer yang digunakan di control room juga akan berubah dengan cepat. Kaya gini nih..
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheVPvSKYB1T5j1OCiBzbbCWLxSUixIx56c3Ar-PlZ80h7S8Db55ECLMJRmyZJbP2jxSrZ3qjUHaQq4_WfY6q_Cg8YkbhHMeB7mzu7QhD9x2Vpn22H7MtSN5UfJv5rpfJvXZ-NqF4wP8Vp2/s400/2016-06-11+01.10.53+1.jpg)
6. Menghubungi bintang tamu
Tugas tim
kreatif adalah mencari artis papan atas Indonesia yang sedang ada berita
menarik dari dirinya yang layak untuk dibahas dalam talkshow. Selain artis,
komunitas atau seseorang yang sedang memiliki campaign tertentu juga dapat
diundang ke acara talkshow. Setelah mendapatkan bintang tamu, tim kreatif wajib
memberi tahu detail acara kepada mereka seperti memberitahu jadwal live harus standby pukul 12.00
WIB on cam jam 13.00-14.00 WIB, taping standby
jam 14.00WIB on cam 14.30-15.30 WIB, dan memberitahu mereka tentang ketentuan wadrobe yang dipakai.
7. Briefing bintang tamu
Tugas tim
kreatif ialah membriefing host dan bintang tamu sebelum on cam. Memberitahu tentang konten acara, teknis talkshow,
pembahasan apa yang akan dibicarakan pada saat saat on set. Bintang tamu
diberitahu untuk standby jam 12.00 WIB jika live, dan 14.00 WIB jika taping.
8. Shooting live dan taping
Shooting live
diadakan dari hari Selasa hingga Jumat, taping diadakan setiap Kamis dan Jumat
yang nantinya taping ini untuk ditayangkan pada hari senin minggu depannya. Shooting live dimulai pukul 13.00
WIB namun persiapan tim dimulai dari pukul 9.00 WIB. Pada pukul 12.00WIB
biasanya kami seluruh tim produksi program Sarah Sechan mengadakan briefing
bersama dengan tim audio, property, floor director, tim sound, camera person dan control room leader.Setelah
shooting live selesai, kami menyiapkan segala keperluan shooting taping yang
dimulai pada pukul 13.30WIB. Tim memberi
jeda 30 menit untuk host mengganti pakaian, touch up make up, mempersiapkan
bintang tamu berikutnya, mempersiapkan merchandise, mengganti set property
serta mengganti rundown pada control room. Setelah semuanya siap, shooting
taping di hari yang dijadwalkanpun dimulai..
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizaMqHoOOhyIihYUkPcxf0MAjClPvIAhBrnlE36t1hlPddYzN6y_8Dn-ZzGUQSE0zfop2EkaZX1a504HdVgYoNMRFTPEqv8aNyKiQzfzFzgiz2ma9yuD9cWJuQ-M-7UrSJdDf9eh52wRik/s400/2016-06-11+01.13.38+1.jpg)
***
Setiap program beda-beda tugas dan tanggung
jawabnya untuk peserta internship. Di program gue, inilah kurang lebih kerjaan
tim kreatifnya.. Selama magang, setiap hari adalah hari yang super baru
bagi gue, belajar banyak hal mulai dari yang mengerti mood atasan gue,
temen-temen gue, mengatasi masalah sendiri, berpikir kritis, sampai menahan
diri untuk tidak menjadi “Ellen” yang “berperilaku” seperti biasanya. NET menjadikan gue generasi yang lebih kece, memberikan kesampatan untuk merasakan dunia kerja pertelevisian.
TERIMAKASIH UNTUK PENGALAMAN BERHARGANYA, NET!
I feel super lucky to be able to work with bunch of Good People on NET.
#IndonesiaLebihKece
Komentar
Posting Komentar